Senin, 31 Oktober 2016

SEARCH ENGINE OPTIMIZATION

PENGERTIAN  SEO
SEO atau kepanjangan dari (Search Engine Optimization) adalah suatu cara atau teknik untuk membuat situs atau blog kita berada pada halaman/posisi satu di mesin pencarian (search engine) seperti Google, Bing dan Yahoo.
Pengertian dari SEO juga sangat luas tetapi semuanya mencakup hal yang sama yaitu mengoptimisasi suatu halaman website/blog agar berada pada halaman/posisi satu di search engine dengan kata kunci yang ditarget.

SEJARAH SEO
Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.
Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword).
Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.
TUJUAN SEO
SEO bertujuan untuk menempatkan sebuah situs pada posisi teratas pada sebuah mesin pencari berdasarkan kata kunci (Keyword) tertentu.Jadi bila suatu situs atau blog berada di posisi teratas dalam hasil pencarian maka situs tersebut memiliki peluang yang besar untuk didatangi pengunjung.

FUNGSI dari SEO
  • Menaikkan page ranking sebuah website agar selalu terindex pada search engine sehingga dapat ditampilkan dihalaman utama
  • Mendatangkan trafik / pengunjung ke website melalui Search Engine
  • Membantu meningkatkan pencapaian target penjualan melalui Rekomendasi web
  • Meminimalkan biaya pemasaran online.

MANFAAT dari SEO
1. Mendatangkan Trafik Potensial ke Website Bisnis
Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa halaman website yang teroptimasi dengan baik dari sisi SEO akan mendapatkan peringkat yang baik juga di mesin pencari, misalnya Google. Semakin baik posisi halaman website Anda di Google maka peluang untuk mendapatkan pengunjung (trafik) potensial akan semakin besar. Pengunjung potensial inilah yang nantinya akan menjadi calon customer bisnis Anda.
 2. Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Anda
Brand Awareness adalah kemampuan calon pembeli atau konsumen untuk mengenali maupun mengingat sebuah merek. Semakin terkenal sebuah merek pada niche tertentu maka kemungkinan intensitas penjualan juga akan semakin besar. Sebenarnya ada banyak cara untuk meningkatkan Brand Awareness sebuah bisnis. Salah satunya adalah dengan optimasi website di mesin pencari (SEO).
3. Mendapatkan Data Customer Anda dengan Gratis
Banyak pengusaha online yang bersedia mengeluarkan banyak uang untuk memasang iklan di berbagai media periklanan dengan tujuan untuk mendapatkan data kontak (email, nomor ponsel, alamat, dan lainnya) calon customer ataupun pelanggan setia bisnis mereka.

TEKNIK DASAR SEO

Terdapat 2 jenis teknik dasar SEO, yaitu :
  1. SEO On Page
  2. SEO Off Page

1. SEO On Page

Yang dimaksud SEO On Page adalah Optimisasi yang dilakukan dari dalam situs anda, contohnya seperti Optimisasi Homepage situs Web atau Blog anda dan Optimisasi Halaman Postingan anda. Tetapi yang paling penting menurut saya adalah Optimisasi Halaman anda.
Kenapa Optimisasi halaman yang terpenting ? yang berhubungan dengan search enggine adalah Halaman bukan Homepage situs anda.
Bagaimana  bisa melakukan SEO On Page ? nahh untuk melakukan SEO On Page  akan menjelaskan Point Pentingnya saja, yaitu :
  1. Title Tag
  2. Meta Description
  3. Alamat URL yang singkat dengan struktur mudah dipahami
  4. Tambahkan Gambar pada postingan (Sertakan atribut alt)
  5. H1 tag untuk judul
  6. Penempatan kata kunci pada 100 kata pertama
  7. Membuat artikel dengan 1500+ suku kata
  8. Menggunakan long tail keyword untuk judul
  9. Sertakan kata kunci LSI di dalam artikel
  10. Membuat artikel yang berkualitas
2. SEO Off Page
SEO Off page adalah kebalikan dari SEO On Page yaitu optimisasi yang dilakukan dari luar situs web anda. Di dalam melakukan optimisasi SEO Off Page ada beberapa point penting, yaitu :
  1. Natural Backlink
  2. Kualitas Backlink
  3. Jumlah Backlink
  4. Social Media
  5. Social Bookmark
  6. Forum
  7. Artikel Direktori
  8. Website Direktori

CARA KERJA SEO

1.         Menjelajahi Dan Menyusun Index         
Google mengawali proses kerjanya dengan menjelajahi semua halaman yang ada di internet (saat ini ada lebih dari 60 Triliun halaman).
Mesin Pencari ini mengirimkan robotnya untuk mengunjungi semua halaman dengan cara mengikuti link dari suatu halaman ke halaman lainnya. (pemilik situs bisa mencegah halaman-halamannya dimasuki oleh robot mesin pencari dengan memasang robots.txt yang melarang semua robot atau robot tertentu untuk masuk).
Google mengurutkan semua halaman itu berdasarkan kontennya dan faktor-faktor lainnya, dan sesudah itu menyimpan rekamannya dalam index (pusat kumpulan data Google).

2.          Pencarian Dan Algoritma
         Saat anda mengetikkan sesuatu di kotak pencarian, maka apa yang anda ketikkan itu akan terkirim dan diproses di sistem.
       Mesin pencari akan bekerja mencari petunjuk-petunjuk untuk memahami apa yang anda inginkan, dan di sini ada 6 proses:
a. Ejaan, untuk menilai apakah ejaan anda sudah benar, dan jika salah maka Google akan    memberi saran. 
b. Autocomplete, di mana Google memperkirakan apa yang kira-kira dicari dengan berbagai variasi makna lainnya.
c. Sinonim, Google berusaha melihat dokumen-dokumen lain yang mengandung kata-kata yang sinonim dengan pencarian anda.
d. Metode Pencarian, Google juga menyediakan data lain dalam format tertentu seperti video, atau gambar yang berkaitan dengan kata kunci tersebut.
e.  Google Instant, yang berusaha menampilkan hasil secepat mungkin kepada anda.
f. Kualitas Situs dan Halaman --> Algoritma Google akan bekerja untuk mengenali seberapa terpercaya, bereputasi, dan berotoritasnya suatu sumber dengan menggunakan beberapa parameter. Salah satu di antara parameter itu adalah pageran.
g. Kesegaran --> Google juga memandang penting untuk mempertimbangkan informasi-informasi terbaru untuk ditampilkan dalam hasil pencariannya.
h. Pencarian Aman --> Google sebisa mungkin mengurangi hasil pencarian yang berkonten dewasa dari hasil pencarian anda (kecuali anda memang mencari konten dewasa). Jadi kalau anda bukan situs konten dewasa, tapi memasang iklan yang menuju situs yang mengandung konten dewasa, maka kemungkinan anda untuk ranking akan berkurang.




https://www.maxmanroe.com/apa-itu-seo-apa-manfaat-search-engine-optimization-bagi-sebuah-bisnis.html
http://pintasku.blogspot.co.id/2014/12/pengertian-fungsi-tujuan-dan-manfaat-seo.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Optimisasi_mesin_pencari
http://www.rudinazar.com/apa-itu-seo/



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar