PENGERTIAN SEO
SEO atau kepanjangan
dari (Search Engine Optimization) adalah suatu cara atau teknik untuk
membuat situs atau blog kita berada pada halaman/posisi satu di mesin pencarian
(search engine) seperti Google, Bing dan Yahoo.
Pengertian dari SEO
juga sangat luas tetapi semuanya mencakup hal yang sama yaitu mengoptimisasi
suatu halaman website/blog agar berada pada halaman/posisi satu di search
engine dengan kata kunci yang ditarget.
SEJARAH
SEO
Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.
Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword).
Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.
TUJUAN SEO
SEO bertujuan untuk
menempatkan sebuah situs pada posisi teratas pada sebuah mesin pencari
berdasarkan kata kunci (Keyword) tertentu.Jadi bila suatu situs atau blog
berada di posisi teratas dalam hasil pencarian maka situs tersebut memiliki
peluang yang besar untuk didatangi pengunjung.
FUNGSI dari SEO
- Menaikkan page ranking sebuah
website agar selalu terindex pada search engine sehingga dapat ditampilkan
dihalaman utama
- Mendatangkan trafik / pengunjung ke
website melalui Search Engine
- Membantu meningkatkan pencapaian
target penjualan melalui Rekomendasi web
- Meminimalkan biaya pemasaran online.
MANFAAT
dari SEO
1.
Mendatangkan Trafik Potensial ke Website Bisnis
Seperti yang disebutkan
sebelumnya bahwa halaman website yang teroptimasi dengan baik dari sisi SEO
akan mendapatkan peringkat yang baik juga di mesin pencari, misalnya Google.
Semakin baik posisi halaman website Anda di Google maka peluang untuk
mendapatkan pengunjung (trafik) potensial akan semakin besar.
Pengunjung potensial inilah yang nantinya akan menjadi calon customer
bisnis Anda.
2. Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Anda
Brand Awareness adalah
kemampuan calon pembeli atau konsumen untuk mengenali maupun mengingat sebuah
merek. Semakin terkenal sebuah merek pada niche tertentu maka kemungkinan
intensitas penjualan juga akan semakin besar. Sebenarnya ada banyak cara untuk
meningkatkan Brand Awareness sebuah bisnis. Salah satunya adalah dengan
optimasi website di mesin pencari (SEO).
3.
Mendapatkan Data Customer Anda dengan
Gratis
Banyak pengusaha online
yang bersedia mengeluarkan banyak uang untuk memasang iklan di berbagai media
periklanan dengan tujuan untuk mendapatkan data kontak (email, nomor ponsel,
alamat, dan lainnya) calon customer ataupun pelanggan setia bisnis mereka.
TEKNIK
DASAR SEO
Terdapat 2 jenis teknik dasar SEO, yaitu :
- SEO On Page
- SEO Off Page
1. SEO On Page
Yang dimaksud SEO
On Page adalah Optimisasi yang dilakukan dari dalam situs anda, contohnya
seperti Optimisasi Homepage situs Web atau Blog anda dan Optimisasi Halaman
Postingan anda. Tetapi yang paling penting menurut saya adalah Optimisasi
Halaman anda.
Kenapa Optimisasi
halaman yang terpenting ? yang berhubungan dengan search enggine adalah Halaman
bukan Homepage situs anda.
Bagaimana bisa melakukan SEO On Page ? nahh untuk melakukan
SEO On Page akan menjelaskan Point
Pentingnya saja, yaitu :
- Title Tag
- Meta Description
- Alamat URL yang singkat dengan
struktur mudah dipahami
- Tambahkan Gambar pada postingan
(Sertakan atribut alt)
- H1 tag untuk judul
- Penempatan kata kunci pada 100 kata
pertama
- Membuat artikel dengan 1500+ suku
kata
- Menggunakan long tail keyword untuk
judul
- Sertakan kata kunci LSI di dalam
artikel
- Membuat artikel yang berkualitas
2. SEO Off Page
SEO
Off page adalah kebalikan dari SEO On Page yaitu optimisasi yang dilakukan
dari luar situs web anda. Di dalam melakukan optimisasi SEO Off Page ada
beberapa point penting, yaitu :
- Natural Backlink
- Kualitas Backlink
- Jumlah Backlink
- Social Media
- Social Bookmark
- Forum
- Artikel Direktori
- Website Direktori
CARA KERJA SEO
1. Menjelajahi
Dan Menyusun Index
Google mengawali proses
kerjanya dengan menjelajahi semua halaman yang ada di internet (saat ini ada
lebih dari 60 Triliun halaman).
Mesin Pencari ini
mengirimkan robotnya untuk mengunjungi semua halaman dengan cara mengikuti link
dari suatu halaman ke halaman lainnya. (pemilik situs bisa mencegah
halaman-halamannya dimasuki oleh robot mesin pencari dengan memasang robots.txt
yang melarang semua robot atau robot tertentu untuk masuk).
Google mengurutkan
semua halaman itu berdasarkan kontennya dan faktor-faktor lainnya, dan sesudah
itu menyimpan rekamannya dalam index (pusat kumpulan data Google).
2. Pencarian
Dan Algoritma
Saat
anda mengetikkan sesuatu di kotak pencarian, maka apa yang anda ketikkan itu
akan terkirim dan diproses di sistem.
Mesin
pencari akan bekerja mencari petunjuk-petunjuk untuk memahami apa yang anda
inginkan, dan di sini ada 6 proses:
a. Ejaan,
untuk menilai apakah ejaan anda sudah benar, dan jika salah maka Google akan memberi saran.
b. Autocomplete,
di mana Google memperkirakan apa yang kira-kira dicari dengan berbagai variasi
makna lainnya.
c. Sinonim,
Google berusaha melihat dokumen-dokumen lain yang mengandung kata-kata yang
sinonim dengan pencarian anda.
d. Metode
Pencarian, Google juga menyediakan data lain dalam format tertentu seperti
video, atau gambar yang berkaitan dengan kata kunci tersebut.
e. Google Instant, yang berusaha menampilkan hasil secepat mungkin kepada anda.
f. Kualitas
Situs dan Halaman --> Algoritma Google akan bekerja untuk mengenali seberapa
terpercaya, bereputasi, dan berotoritasnya suatu sumber dengan menggunakan
beberapa parameter. Salah satu di antara parameter itu adalah pageran.
g. Kesegaran --> Google juga memandang penting untuk mempertimbangkan informasi-informasi
terbaru untuk ditampilkan dalam hasil pencariannya.
h. Pencarian
Aman --> Google sebisa mungkin mengurangi hasil pencarian yang berkonten dewasa
dari hasil pencarian anda (kecuali anda memang mencari konten dewasa). Jadi
kalau anda bukan situs konten dewasa, tapi memasang iklan yang menuju situs
yang mengandung konten dewasa, maka kemungkinan anda untuk ranking akan
berkurang.
https://www.maxmanroe.com/apa-itu-seo-apa-manfaat-search-engine-optimization-bagi-sebuah-bisnis.html
http://pintasku.blogspot.co.id/2014/12/pengertian-fungsi-tujuan-dan-manfaat-seo.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Optimisasi_mesin_pencari
http://www.rudinazar.com/apa-itu-seo/
Great one!
BalasHapus