Kamis, 19 Maret 2015

Web dan Jaringan Internet


WEBSITE
Pernahkah kalian melihat video, mencari barang-barang online atau semacamnya? Tentu kalian akan berhubungan langsung dengan browser kan? Ya kali ini, bahasan yang akan kita pelajari adalah APA SIH ITU WEB?
Sebelumnya saya akan mengenalkan terlebih dahulu apa itu WEB?
WEB adalah sebuah layanan yang paling populer saat ini, yang memungkinkan semua orang dapat mengaksesnya untuk mencari informasi yang kita inginkan. Berdasarkan survei netcraft.com sekitar 67,11%  domain yang aktif di internet menggunakan Apache sebagai web servernya.
Meningkatnya penggunaan Apache sebagai layanan web-server yang didukung oleh berbagai fitur yang ditawarkan seperti virtul-host, virtual direktor, penggunaan modul, server-side programming dengan PHP/Python/TCL/Perl bahkan ASP. Apache dikenal lebih stabil dan dapat berjalan diberbagai platfrom OS.

SEJARAH WEBSITE
Pertama kalinya merupakan proyek besar dari Sir Timothy dan John Berners-Lee untuk membuat suatu prototype pertamanya yang diberi nama Enquire ditahun 1980-an. Setelah berkembangnya teknologi Domain Name System di tahun 1983-1987. Di tahun 1989 CERN menjadi pusat jaringan tersebar di EROPA. Berners-Lee menggabungkan teknologi hypertext dan internet yang berkembang saat itu. Ide tersebut yang dikenal dengan istilah WORLD WIDE WEB (www). Situs pertama online terbesar yang pertama kali dibuat adalah http://info.cern.ch/ dan online pertama kali pada tanggal 6 Januari 1991.
Di tahun 1992 dikembangkan web browser pertama yang menggunakan antarmuka grafik oleh Marc Andreesen dan Eric Bina untuk Unix X Windows System pada National Center for Supercomputing Application (NSCA) yang kemudian dikenal dengan NSCA Mosaic. Ditahun 1994, Berners-Lee mendirikan Wolrd Wide Web Consortium (W3C) pada Massachusetts Instituate of Technology.
Berikut ini beberapa alasan pokok mengenai penggunaan web server

  • Penggunaan yang mudah
  • Hemat waktu dalam administrasi
  • Dukungan terhadap Berbagai Sistem Operasi.
  • Kemudahan dalam Instalasi
  • Mudah dalam Pengelolaan Fitur.
  • Keamanan Web Server

Cara kerja Web Server dapat dikembangkan menjadi berbagai aplikasi sejenis berbasis hypertext transfer protocol seperti photo gallery server,multimedia server, company information server, news server, dan server lainnya. Teknologi web server memberikan banyak keuntungan antara lain :
  •  Pengelolaan Informasi
Pengelola informasi dapat dilakukan dimana masih terhubung dengan jaringan komputer server.
  •  Pengelolaan Server
Fitur yang digunakan dapat dengan mudah diperbarui pada aplikasi server tanpa memperbarui aplikasi klien yang mengaksesnya sehingga dapat menekan biaya operasi perusahaan.


JENIS-JENIS WEBSITE
Berdasarkan pengoperasiannya, secara mendasar website terbagi menjadi dua macam, yaitu : website static dan website dynamic.

WEBSITE STATIC
Website ini memiliki halaman front end, yaitu halaman yang dapat dilihat oleh pengunjung web. Karena fasilitas yang terbatas, maka isi halaman webnya tetap atau tidak dapat diubah.  Untuk mengganti website static harus dilakukan secara manual dan harus mengganti semua kode HTML yang merupakan unsur dari website tersebut.  Biasanya website jenis ini digunakan untuk membuat company profile  yaitu jenis website pengumuman berupa brosur online yang sederhana dan tidak bisa diubah atau dimodifikasi.

WEBSITE DYNAMIC
Berbeda dengan website static, website ini dapat diubah atau di-update . didalam website ini biasanya terdapat dua halaman, yaitu halaman front end dan back end. Halaman front end adalah halaman yang dapat diakses  oleh semua user, sedangkan back end adalah halaman yang hanya bisa diakses oleh admin.

JARINGAN INTERNET
Saat ini teknologi begitu luas tidak hanya di kota melainkan di desa, seperti halnya internet. Internet dikenal sebagai cara mengakses berbagai macam kebutuhan, dengan internet semua menjadi lebih mudah.
MENGENAL MACAM JARINGAN  KOMPUTER
Terdapat beberapa macam jaringan, diantaranya adalah :
LOCAL AREA NETWORK (LAN)
LAN merupakan suatu jaringan komputer yang masih berada di dalam gedung atau ruangan. Dalam membuat jaringan LAN minimal harus menyediakan dua buah komputer yang masing-masing memiliki kartu jaringan atau Lan Card.

Keuntungan LAN
  • Dapat menghubungkan komputer dalam jumlah banyak.
  • Akses antara komputer, baik untuk tukar-menukar data atau yang lain, berlangsung dengan cept dan mudah.
  • Dapat saling bertukar informasi dengan pengguna diluar area apabila terhubung dengan internet.
  • Dapat membackup data pada komputer lain tanpa harus membongkar hardisk.
  • Hemat waktu dan biaya dalam pengiriman paket data.

METROPOLITAN AREA NETWORK(MAN)
MAN merupakan pengembangan dari LAN, jaringan ini terdiri dari beberapa LAN yng terhubung. Letaknya bisa berjauhan tergantung dari panjangnya kabel yang digunakan. Jaringan ini dapat menjangkau tempat yang berbeda.

WIDE AREA NETWORK(WAN)
WAN merupakan bentuk jaringan yang terdiri dari LAN dan MAN. Jaringan ini telah memenuhi kebutuhan sistem jaringan. WAN menggunakan protokol internet berupa Network Service Provider (NSP) tanpa ini WAN tidak dapat bekerja.
Keuntungan WAN :
  •  Apabila terhubung dengan jaringan internet, maka transfer file yang jaraknya berjauhan dapat menggunakan email dan FTP.
  • Memiliki sistem jaringan yang luas sehingga dapat mencapai negara, benua, bahkan seluruh dunia.
PENGERTIAN INTERNET
Internet merupakan gabungan dari LAN dan WAN yang berada di seluruh jaringan komputer di dunia, sehingga terbentuk jaringan yang lebih luas dan global. Jaringan ini biasanya menggunakan TCP/IP dalam mengirimkan paket data. Internet berasal dari kata Interconnected Network yang berarti hubungan dari beragam jaringan komputer didunia yang saling terintegrasi membentuk suatu komunikasi global.

CONTOH PENGGUNAAN JARINGAN INTERNET.
JARINGAN LAN :
LAN biasanya digunakan di rumah, perkantoran, industri, akademik, dll. Biasanya LAN dapat menggunakan media telpon beserta modem, atau media lainnya yang dapat melakukan koneksi dengan internet.
JARINGAN MAN:
MAN biasnya digunakan oleh sebuah perusahaan jaringan komputer dalam satu kota, seperti antar kampus di depok.
JARINGAN WAN:
WAN dipakai untuk jaringan yang lebih luas, seperti antar benua, bahkan hingga dunia.

Daftar Pustaka :
Jubilee Enterprise. 2012. Membuat Jaringan Internet Wireless Tanpa Bantuan Teknisi. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Kurniawan, Harsono. 2010. Jaringan Komputer. Yogyakarta : Andi Yogyakarta.
Membangun Website Tanpa Modal. 2010. Yogyakarta : Andi Yogyakarta.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar